Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Recent Tube

POLITIK

NASIONAL

DUNIA

DAERAH

Sports

GALLERY

» » » In Memoriam SUMOHADI MARSIS


Sumohadi Marsis, wartawan senior, pendiri sekaligus Pemimpin Redaksi tabloid BOLA, telah kembali ke Sang Pencipta. Bagi kami generasi yang lebih muda, Mas Sumo adalah seorang visioner dan guru bagi banyak orang. Saya teringat saat meliput Piala Dunia Italia 1990. Usai menonton perempatfinal dramatis antara Inggris vs Kamerun di Stadion San Paolo, tengah malam kami terdampar di stasiun kereta api Napoli untuk kembali ke Roma. Berjamjam kami menunggu kereta yang tak kunjung datang. Mas Sumo yang saat itu Pemimpin Redaksi tabloid terbesar di Indonesia, karena kelelahan.
akhirnya tertidur di lantai peron. "gus klu kretanya udah datang bangunin gua ya. gua udah gak tahan ngantuk banget." Sebagai wartawan muda yang bekerja di harian MEDIA INDONESIA waktu itu, saya mengagumi figur beliau. Semoga visi dan integritas beliau tidak mudah terlupakan oleh dunia jurnalisme Indonesia yang kini makin melesat jauh dari nilai-nilai kualitas dan idealisme. (Agustinus Liwulanga)
Tidak gampang jadi wartawan olahraga jaman dulu apalagi mewujudkan impian bisa keliling dunia dalam meliput olahraga. Ada yang dapat meraih dan merelealisasikan impian itu dan ada juga yang hanya sekedar tetap menjadi keinginan. Dan om Sumo begitu kami sering menyapa almarhum
Sumohadi Marsis beruntung dan berhasil keliling dunia. Hal ini terwujud justru karena profesinya sebagai wartawan dan pengalaman itulah yang kemudian ditulis dalam buka "enaknya  wartawan olahraga"
Yakob Oetama pendiri Koran Kompas waktu itu sangat memuji tulisan2 om Sumo. Lalu apa kata Yakob Oetomo "Sumo menulis dengan akal dan hati"

Walaupun hanya sebentar tapi saya pernah bersama om Sumo di Kaohsiung Taiwan, Hongkong, dan Jepang ketika Piala Asia. Selamat jalan senior. (Tommy Rusihan Arief/mantan wartawan olahraga majalah Popular) 

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar: