Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Recent Tube

POLITIK

NASIONAL

DUNIA

DAERAH

Sports

GALLERY

» » » Ebitorial Sys Ns




Dari Konseptor Ide Hingga Politikus Fungky 

Inna Illahi wainnaillahi rojiun, Ditengah guncangan gempa 6,4 skala rihter yang terjadi di kawasan Lebak Banten, kabar duka juga datang dari keluarga Sys Ns, salah satu tokoh muda yang ikut membidani lahirnya Partai Demokrat. 

Awalnya RHM Heroe Siswanto Ns mengaku seorang yang buta politik dalam kesempatan saya bersama Lazuardi Adhisage berkesempatan mewawancarai Sys Ns soal pencalonannya sebagai utusan golongan Dewan Perwakilan Rakyat  untuk tabloid Cek Poin. Pria berjuluk "Mester Jakarta" ini hanya berujar pendek "Saya tidak punya tujuan apa-apa. Saya buta politik" kata Sys Ns dengan logat khasnya meledak-ledak.

Selepas itu, mantan anak jalanan itu makin kerasan dengan dunia "barunya". Lihat saja giat-giat Sys Ns seperti Deklarasi Sys Ns menjadi kandidat Ketua Umum Partai Demokrat 2005-2010 di Golden Ballroom, Hotel Hilton akhir April 2005. Mengenakan jas hitam dengan emblem Partai Demokrat di dada kiri dan berlogo nama partai Demokrat, dengan percaya diri Sys naik ke atas panggung diiringi musik Tanjidor. Ia didampingi sejumlah gadis cantik yang mengusung bendera Partai Demokrat. Saat itu dengan suara bergetar Sys maju dengan slogan " Jangan Pilih Saya bila tidak dengan Hati Nuran dan Akal Sehat". 

Hal serupa berulang dalam peluncuran bukunya bertajuk Sys Ns Yesterday, Today & Tomorrow di Hard Rock Cafe Jl Thamrin Jakarta Pusat. 
Dari dia event itu dengan jelas terbaca pria kelahiran Semarang, 19 Juli 1956, seorang yang punya rentang pergaulan yang sangat luas, sejumlah artis dari mulai Rina Hasyim, Hj.Canelia Malik,Krisdayanti,Rhoma Irama,Muchsin Alatas, hinges generasi Eko Patrio saat itu tumplek di tempat gaul anak Muda Jakarta ini. Tentu tak hanya barisan artis yang hadir dikondangan Sys Ns, Oskar pemasaran Rhenald  Kasali, politikus Eggi Sujana, Yorris Raweyai, Bursah Zarnubi, tokoh pers Ilham Bintang, purnawirawan Jenderal Soeyono, Ketum Pemuda Psncasila, Yapto SS, Hj. Siti Hardiyanti Rukmana, juga nampak hadir dalam acara peluncuran buku Sys Ns yang dikemas dengan gaya gaul itu. 

Itulah hebatnya seorang Sys Ns ketika itu. Agaknya kehadiran ribuan undangan tersebut menyiratkan suatu satu hal; Sys Ns sudah bukan politikus kelas bawang. Ayah tiga anak ini pernah di juluki sebagai Mister Jakarta ini punya karakter tersendiri sebagai aktivis politik. Perannya menentukan bukan saja dalam penggalangan dukungan dari massa non partai politik, dan dibuktikannya ketika menjadi Ketua Koordinator Gerakan Pro SBY saat Pilpres. Tetapi perannya juga mendongkrak citra partai di kalangan akar rumput dengan memasukkan sejumlah public figure dalam jajaran pengurus partai dan caleg partai ketika itu seperti Roy Marten, Deddy Mizwar, dan banyak lagi. 
Uniknya ketika sebagai pengurus Partai Demokrat, alumnus IKJ ini justru memilih mendorong teman-temannya dari dunia artis untuk masuk ke dunia politik dan menjadi Anggota Dewan. Bagi Sys Ns, selama ini bidang seni dianaktirikan oleh pemerintah. "Lain dengan dunia olahraga. Bidang itu mendapat perhatian berlimpah walaupun dalam berbagai pertandingan di dunia internasional banyak kalahnya, Tapi kalau ada yang menang, mereka disambut dan diberi berbagai hadiah. Sedangkan seniman Indonesia yang mendapat hadiah di luar negeri tidak pernah ada penyambutan, apalagi hadiah dari dalam negeri, Ujarnya membandingkan. Selepas itu banyak seniman yang masuk politik dan duduk di Dewan. Sys Ns sudah memberi warna pada dunia politik nasional "Meski melawan arus, ia membawa wacana baru," begitu kata Jenderal (pur) Soeyono yang mengaku suka dengan ide-ide Sys Ns. 


Subur Budhidantoso, adalah mantan Ketua Umum  Partai Demokrat mengaku berkenalan dengan Sys Ns berawal pada kegiatan awal berdirinya Demokrat tahun 2001. Sebagai sosok yang masih muda usia kata Subur, saya sangat terkesan dengan semangatnya untuk membesarkan partai, lewat sumbangan pikiran serta tenaganya sebagai seniman yang produktif. 
Kiprah Sys Ns juga mendapat tanggapan dari SBY seperti yang ditulis SBY pada buku Sys Ns; "Teruslah berkreasi untuk negeri. Hidup ini penuh tantangan. Dan sebuah kehidupan adalah jalan panjang yang nyaris tanpa tepi ----tak lunak, dan bergejolak. Hanya manusia yang kokoh dalam jiwa, dinamis dalam hidup dan kreatif dalam pikirkanlah yang akan menang dalam pergulatan besar itu. 
Kini langkah Sys Ns sudah terhenti Selasa, 23 Januari 2018. Innalllahi wainnaillahi rojiun. Mohon doanya agar almarhum khusnul khotimah. Yang pasti kami semua kader Partai Demokrat kehilangan tokoh muda pendiri Partai Demorat. Selamat jalan Sys Ns semua karya-karyamu akan selalu dikenang. 

Sys Ns meninggalkan seorang istri, Shanty Widhiyanti, dan tiga orang anaknya, Syanindita Trasysty, Sabdayagra Ahessa, dan Sahdhenna Syayanda. 
(Tommy Rusihan Arief)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply